news okezone.com
Okezonenews » Home » Fokus » Menyusuri Jalan Termahal di Dunia

getting time ...

FOKUS

Perilaku Orang Berduit (1)

Menyusuri Jalan Termahal di Dunia

Minggu, 20 Maret 2011 11:20 wib
Kensington Palace Gardens (Foto: Wikipedia)
Kensington Palace Gardens (Foto: Wikipedia)

Bagi orang-orang dengan harta melimpah tempat tinggal tidak lagi sekadar kebutuhan pokok. Karena itu biasanya mereka tidak hanya memiliki satu rumah.

Ada banyak alasan yang membuat mereka seperti itu. Salah satunya tentu berkaitan dengan gengsi. Menempati kawasan elite otomatis akan menambah gengsi dan semakin menguatkan predikat sebagai miliarder. Mereka akan mengejar tempat-tempat yang eksotik demi mendapatkan kepuasan jiwa. Sebagian dari mereka bahkan lebih mirip dengan kolektor yang akan sekuat tenaga memburu apa yang diminatinya. Bagaimanapun, tidak semua miliarder seperti itu. Tak sedikit pula yang mengejar properti di jalan-jalan termahal untuk tujuan bisnis. Artinya, pembelian mereka bertujuan untuk meraih keuntungan finansial.

Apa pun tujuan mereka, yang jelas uang berlimpah telah membuat harga properti di beberapa negara mencengangkan. Bahkan, harga yang awalnya jatuh bisa dengan cepat membubung tinggi. Terkait hal tersebut, surat kabar The Wall Street Journal pertengahan Maret ini melansir hasil survei dari para agen real estat dunia tentang 10 jalan termahal di dunia dengan nilai properti di masing-masing kawasan sebagai ukurannya. Harga tertinggi USD78.200 (Rp684.165.000) per meter persegi di Severn Road, Hong Kong. Di dalam pemberitaan The Wall Street Journal tentang 10 jalan termahal di dunia, nilai properti ditentukan berdasarkan faktor bisnis seperti suku bunga, kondisi finansial, dan perekonomian lokal, serta nonbisnis antara lain letak kawasan dan sejarahnya.

Rendahnya suku bunga membuat properti di Severn Road melambung tinggi. Padahal, pada 2009 lalu nilai properti di kawasan ini sempat tenggelam akibat krisis ekonomi global dan hanya berada di urutan kedelapan termahal. Krisis yang menurunkan harga tidak berlangsung lama. Dalam dua tahun harganya langsung melonjak dengan cepat, bahkan catatan nilai tersebut menjadi sejarah bagi harga properti di sana. Bagi kalangan yang akrab dengan pasar properti di sana, situasi yang terjadi di wilayah yang berdekatan dengan Victoria Peak dengan pemandangan kaki langit yang terkenal di Hong Kong bernama Severn Road ini tidaklah mengejutkan. Apalagi didukung masuknya pembeli dari daratan China.

Severn Road merupakan jalan dengan tekstur berkelok-kelok. Di sana terdapat sekira 60 rumah pribadi, termasuk 22 rumah mewah yang baru dibangun pada 2006. Posisi kedua jalan termahal di dunia ditempati Kensington Palace Gardens, London, Inggris. Nilai properti di kawasan ini juga mengalami kenaikan menjadi USD76.000 (Rp662.598.000) per meter persegi. Pada 2009 lalu hunian di sana bercokol di urutan keempat termahal di dunia. Meningkatnya harga dipengaruhi pembeli internasional yang mencari keuntungan dari bisnis ini. Tidak terlalu banyak nama-nama yang tercatat pernah atau masih memiliki rumah di sana. Mengingat kawasan ini awalnya memang bukan diperuntukkan bagi umum.

Sejumlah bangunan yang didirikan pada era 1840-an yang ada di Kensington Palace Gardens sebenarnya merupakan istana, sebelum kemudian menjadi lokasi kantor kedutaan dan tempat tinggal para duta besar. Ada yang dari Rusia, Prancis, Jepang, Nepal, Arab Saudi, Slovakia, Norwegia, dan Republik Ceko. Keluarga Kerajaan Arab Saudi serta Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah pun dikabarkan memiliki tempat di sana. Tak aneh jika kemudian permukiman ini dikenal sebagai “Jalur Miliarder”. Kensington juga dikenal sebagai alamat paling eksklusif di London yang menyimpan sejarah tentang Perang Dunia II dan Perang Dingin.

Beberapa bangunan masih asli, tapi sebagian lainnya telah direnovasi oleh Crown Estate dan diperjualbelikan kepada pribadi-pribadi. Sejumlah pesohor tercatat sebagai pembelinya. Salah satunya Lakshmi Mittal, konglomerat asal India. Pebisnis baja yang pada 2008 lalu oleh majalah Forbes dinobatkan sebagai orang terkaya keempat di dunia itu membeli properti di Kensington pada 2004. Bos Formula One, Bernie Ecclestone, juga pernah memiliki rumah di sana.Dia membeli rumah dari pengembang properti asal Iran, David Khalili, seharga 50 juta poundsterling (Rp706,84 miliar) pada Oktober 2001. Adapun jalan yang sejajar dengan pantai di Monaco tercatat sebagai kawasan dengan properti termahal ketiga di dunia.

Nilai properti di sana mencapai USD69.000 per meter persegi atau setara dengan Rp601.570.000. Jalan yang dikenal dengan Avenue Princesse Grace ini sebenarnya merupakan jalan pintas tepi pantai.Namanya diabadikan dari aktris Hollywood, Grace Kelly, yang menikah dengan Pangeran Rainier dari Monako pada 1956. Kawasan itu memberikan pemandangan yang eksotik karena letaknya di bibir pantai. Tak aneh jika nama-nama terkenal seperti bintang tenis Caroline Wozniacki memilih hunian di wilayah itu sebagai tempat tinggalnya.

Orang-orang yang tinggal di sana seperti Wozniacki betul-betul dimanjakan oleh fasilitas yang komplet. Mereka bisa menghabiskan waktu luang akhir pekan dengan bermain di Pantai Laut Mediterania. Setelah puas, dapat dilanjutkan dengan berbelanja di butik maupun tempat perbelanjaan yang banyak tersebar. Hunian mahal juga terdapat di negara adidaya Amerika Serikat, tepatnya di Fifth Avenue yang berada di pusat wilayah Manhattan,New York. Kendati menembus angka USD62.000 (Rp540.541.000) per meter persegi, nilai ini hanya mendudukkan Fifth Avenue sebagai termahal keempat atau turun satu peringkat dibanding pada 2009 lalu.

Jalan yang melintasi tengah Kota Manhattan ini terbagi beberapa bagian. Diawali dari Washington Square Park di Greenwich Village menuju jantung kota melalui utara, sepanjang sisi timur Central Park. Fifth Avenue juga juga menjadi pemisah dalam penomoran rumah di Manhattan.
(SINDO//mbs)

RESENSI »

Ini Bukan Avatar, Tapi Dajjal!
Ini Bukan Avatar, Tapi Dajjal!

Ketika membaca, mendengar atau mengatakan kata Dajjal, yang pertama terpikirkan adalah apakah Dajjal sudah dekat?

SUARA KEBON SIRIH »

Chief Content News Baru di Okezone.com
Chief Content News Baru di Okezone.com

PORTAL berita nasional, Okezone.com, memiliki Chief Content News (Pemimpin Redaksi News) baru, yakni Syukri Rahmatullah.

CATATAN REDAKSI »

BBM Naik Rp3.000, Jokowi dan Rumah Transisi
BBM Naik Rp3.000, Jokowi dan Rumah Transisi

Baru-baru ini, anggota Tim Transisi Jokowi melontarkan pernyataan mengejutkan soal kenaikan harga BBM.

ETALASE »

"Munir" Tetap Suarakan Keadilan

Sunyi, kala belasan pegiat hak asasi manusia (HAM) dari Jaringan Pemuda Batu mengunjungi sebuah makam di TPU Kelurahan Sisir, Kota Batu, Jawa Timur, akhir pekan lalu.

OPINI »

Media dan "Revolusi Mental"
Media dan

ADA satu istilah baru yang menarik dalam konstelasi politik belakangan ini, yakni Revolusi Mental.