news okezone.com
Okezonenews » Home » Catatan Redaksi » Salah Ketik atau "Salah Ketikan"?

getting time ...

CATATAN REDAKSI

Salah Ketik atau "Salah Ketikan"?

Rani Hardjanti - Okezone
Kamis, 13 Oktober 2011 13:06 wib

JANGGAL sekali rasanya jika ada kesalahan ketik status hukum Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Hafiz Anshary. Apalagi jika sudah bersifat penetapan sebagai tersangka.
 
Tentu bukan hal yang main-main dalam menetapkan "nasib" seseorang, apalagi jika seseorang itu adalah Ketua KPU Hafiz Anshary, dalam kasus dugaan surat palsu Mahkamah Konstitusi (MK) dan surat Sertifikasi Rekapitulasi Penghitungan Hasil Perolehan Suara Partai Politik dan Calon Anggota DPR untuk Dapil Halmahera Barat, Maluku Utara pada Pileg tahun 2009.
 
Kejanggalan ini terletak pada saling-silang antara Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) dengan Kejaksaan Agung (Kejagung). Bareskrim mengirimkan surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) atas kasus Hafiz kepada Kejagung. Dalam surat itu status Hafiz sebagai tersangka kasus pemalsuan dan keterangan palsu.
 
Sementara, penetapan itu dibantah oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Ketut Untung Yoga Ana.
 
Bukan tidak mungkin dalam penetapan status Anshary sarat manipulatif. Bisa jadi sudah ada skenario penyelamatan, kemudian kalangan terkait "diketik" untuk mengkondisikan situasi.
 
Kejanggalan semakin jelas ketika Wakapolri Komjen Nanan Sukarna enggan menanggapi langsung status Ketua KPU. Menurutnya hanya ada dua kemungkinan status dalam SPDP, yakni saksi dan tersangka.
 
Sementara Anshary sendiri mengatakan ada kesalahan redaksi dalam SPDP yang dikirimkan Bareskrim ke Kejagung. Menurutnya status dirinya bukanlah tersangka, melainkan terlapor. Nah lo....
 
Kalau benar terjadi kesalahan ketik, seharusnya ada penjelasan yang transparan, penjelasan duduk perkaranya secara detail, dan siapa orang yang paling bertanggung jawab atas ketikan tersebut.  Sehingga publik bisa tahu apa yang sebenarnya terjadi. 


Ada-ada saja yang terjadi di negeri ini ...

(rhs)

RESENSI »

Antologi Kisah Hidup Orang Sukses
Antologi Kisah Hidup Orang Sukses

Buku bersampul kuning ini kelanjutan Top Words 1. Konsep penulisan Billy Boen tidak jauh berbeda, ia sekadar menggali inspirasi dari para orang sukses. Tujuannya untuk membakar semangat kaum muda bisa berprestasi juga.

SUARA KEBON SIRIH »

Mudik, Jangan Lupa Klik www.okezone.com
Mudik, Jangan Lupa Klik www.okezone.com

Macet, jalur alternatif, posko mudik dan semua informasi mengenai mudik yang dibutuhkan akan tersaji dengan fresh dari situs berita www.okezone.com.

CATATAN REDAKSI »

Saatnya Berjabat Tangan
Saatnya Berjabat Tangan

Kurang lebih tiga bulan lamanya perang urat syaraf sebagian besar masyarakat Indonesia terjadi. Urat syaraf pun menegang saat mengkritik atau mempertahankan calon presiden dan calon wakil presiden idola masing-masing. Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

ETALASE »

Asal Mula Kampung 'Seribu Nisan'
Asal Mula Kampung 'Seribu Nisan'

Ihwal Gampong Pande atau Kampung 'Seribu Nisan' bermula saat Sultan Johan Syah mendirikan Istana Kerajaan Aceh Darussalam, tepatnya di tepian Sungai Aceh atau Kuala Naga, pada 1 Ramadan 601 Hijriah atau 22 April 1205 Masehi.

OPINI »

M. Rizki Pratama
UU Desa untuk Pelayanan Desa yang Lebih Baik
UU Desa untuk Pelayanan Desa yang Lebih Baik

Disahkannya UU Desa (12/18/13) membuka harapan setinggi langit bagi terselenggaranya pemerintahan desa yang lebih kuat dan mandiri.