news okezone.com
Okezonenews » Home » Catatan Redaksi » Salah Ketik atau "Salah Ketikan"?

getting time ...

CATATAN REDAKSI

Salah Ketik atau "Salah Ketikan"?

Rani Hardjanti - Okezone
Kamis, 13 Oktober 2011 13:06 wib

JANGGAL sekali rasanya jika ada kesalahan ketik status hukum Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Hafiz Anshary. Apalagi jika sudah bersifat penetapan sebagai tersangka.
 
Tentu bukan hal yang main-main dalam menetapkan "nasib" seseorang, apalagi jika seseorang itu adalah Ketua KPU Hafiz Anshary, dalam kasus dugaan surat palsu Mahkamah Konstitusi (MK) dan surat Sertifikasi Rekapitulasi Penghitungan Hasil Perolehan Suara Partai Politik dan Calon Anggota DPR untuk Dapil Halmahera Barat, Maluku Utara pada Pileg tahun 2009.
 
Kejanggalan ini terletak pada saling-silang antara Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) dengan Kejaksaan Agung (Kejagung). Bareskrim mengirimkan surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) atas kasus Hafiz kepada Kejagung. Dalam surat itu status Hafiz sebagai tersangka kasus pemalsuan dan keterangan palsu.
 
Sementara, penetapan itu dibantah oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Ketut Untung Yoga Ana.
 
Bukan tidak mungkin dalam penetapan status Anshary sarat manipulatif. Bisa jadi sudah ada skenario penyelamatan, kemudian kalangan terkait "diketik" untuk mengkondisikan situasi.
 
Kejanggalan semakin jelas ketika Wakapolri Komjen Nanan Sukarna enggan menanggapi langsung status Ketua KPU. Menurutnya hanya ada dua kemungkinan status dalam SPDP, yakni saksi dan tersangka.
 
Sementara Anshary sendiri mengatakan ada kesalahan redaksi dalam SPDP yang dikirimkan Bareskrim ke Kejagung. Menurutnya status dirinya bukanlah tersangka, melainkan terlapor. Nah lo....
 
Kalau benar terjadi kesalahan ketik, seharusnya ada penjelasan yang transparan, penjelasan duduk perkaranya secara detail, dan siapa orang yang paling bertanggung jawab atas ketikan tersebut.  Sehingga publik bisa tahu apa yang sebenarnya terjadi. 


Ada-ada saja yang terjadi di negeri ini ...

(rhs)

RESENSI »

Jembatan Merah Menggugah Bumi Pertiwi
Jembatan Merah Menggugah Bumi Pertiwi

Setengah abad lebih petualangan anak-anak negeri bergelora mengumandangkan kemerdekaannya, tetapi mengapa bekas perjuangan mereka tidak mengukir di dada para pewaris negeri?

SUARA KEBON SIRIH »

Okezone Gelar Try Out Online UN 2014
Okezone Gelar <i>Try Out Online</i> UN 2014

DALAM waktu dekat, siswa SMA sederajat akan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2014 pada 14 April. Ujian ini merupakan puncak kelulusan siswa di bangku sekolah.

CATATAN REDAKSI »

Melanggar Hukum di Sekolah Asing
Melanggar Hukum di Sekolah Asing

SEKOLAH adalah wadah untuk mendidik anak-anak. Tujuannya, mengajarkan anak untuk menjadi individu yang mampu memajukan bangsa.

ETALASE »

Kabut Asap Kembali Selimuti Riau, Siapa yang Salah?
Kabut Asap Kembali Selimuti Riau, Siapa yang Salah?

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan merupakan bencana paling menakutkan bagi warga Riau. Dampaknya sangat menyengsarakan warga, baik dari sisi kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan lainnya.

OPINI »

Ahmad Bhumi Nalaputra
Sikap Indonesia Terhadap Aneksasi Rusia di Ukraina
Sikap Indonesia Terhadap Aneksasi Rusia di Ukraina

Tindakan unilateral Rusia dalam menduduki daerah Crimea yang merupakan bagian dari negara Ukraina, merupakan preseden buruk bagi kedaulatan negara dan penegakan hukum internasional.