news okezone.com
Okezonenews » Home » Catatan Redaksi » Kalau Masih Bentrok, Gabung Saja TNI/Polri

getting time ...

CATATAN REDAKSI

Kalau Masih Bentrok, Gabung Saja TNI/Polri

Ahmad Dani - Okezone
Selasa, 24 April 2012 15:52 wib

Bentrokan antara aparat TNI dengan Kepolisian di Gorontalo mencoreng citra baik institusi pelindung masyarakat. Bukannya memberikan rasa aman, mereka justru saling bentrok satu sama lain.  
Hal itu membuktikan masih kurang sehatnya aparat kemanan di negara ini. Polisi yang ditugasi sebagai keamanan sipil dan TNI yang ditugaskan sebagai pelindung negara, justru melakukan tindakan yang kontradiktif. Tindakan yang berlawanan dengan tugas dan fungsinya sebagai pengaman negara.
 
Pengamat Kepolisian, Bambang Widodo Umar mengatakan, pascareformasi, peran TNI telah jauh berkurang sehingga muncul kesan Polri sebagai penguasa bidang keamanan di dalam negeri. Sementara TNI hanya difokuskan kepada sektor pertahanan.
 
Menurut Bambang, ada kecemburuan dan ketersinggungan TNI terhadap Polri, yang tak bisa dipungkiri juga kerap menjadi beking usaha-usaha tertentu.
 
Sementara itu, pengamat dari President University Anak Agung Banyu Perwita menyoroti porsi anggaran terhadap kedua institusi yang dinilainya terlalu njomplang.
 
Berdasarkan catatan Okezone, anggaran TNI untuk tahun 2012 sebesar Rp72,5 triliun termasuk remunerasi untuk Kementerian Pertahanan. Selain itu, masih ada juga alat utama sistem persenjataan sebesar USD6,6 miliar. Sementara anggaran Polri mencapai Rp39,78 triliun.
 
Bayangkan saja TNI hanya mendapatkan anggaran Rp63 triliun dan itu harus dibagi empat, yaitu Angkatan Darat, Laut, Udara dan Kementrian Pertahanan. Sedangkan Polri mendapatkan sekira Rp30 triliun dan hanya dipakai sendiri. Jelas ini tidak adil.
 
Namun demikian semua anggapan itu dibantah polisi. Bagi institusi Bhayangkara itu, kecemburuan itu tidak masuk akal.  "Ah itu terlalu berlebihan, penyebabnya apa sedang diselidiki dan ada pemeriksaan tim independen," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution saat dihubungi di Jakarta, Selasa (24/4/2012).
 
Tentu selain faktor kecemburuan, ada lagi hal lain yang melatarbelakangi kejadian tersebut. Mulai dari gengsi kesatuan hingga soal kesejahteraan yang belum tuntas sejak ABRI dipisah menjadi TNI/Polri. Tapi, apapun faktor yang melatarbelakangi bentrok TNI/Polri, semua itu pasti bersumber dari satu persoalan yang mungkin harus segera diselesaikan pada tataran elite dua kesatuan tersebut. Kalau masih bentrok juga, sebaiknya digabungkan saja lagi seperti dulu.

(ahm)

RESENSI »

Antologi Kisah Hidup Orang Sukses
Antologi Kisah Hidup Orang Sukses

Buku bersampul kuning ini kelanjutan Top Words 1. Konsep penulisan Billy Boen tidak jauh berbeda, ia sekadar menggali inspirasi dari para orang sukses. Tujuannya untuk membakar semangat kaum muda bisa berprestasi juga.

SUARA KEBON SIRIH »

Mudik, Jangan Lupa Klik www.okezone.com
Mudik, Jangan Lupa Klik www.okezone.com

Macet, jalur alternatif, posko mudik dan semua informasi mengenai mudik yang dibutuhkan akan tersaji dengan fresh dari situs berita www.okezone.com.

CATATAN REDAKSI »

Bersih-Bersih ala Kepala Daerah
Bersih-Bersih ala Kepala Daerah

Langkah sejumlah kepala daerah untuk menertibkan aparat di lingkungan kerja mereka perlu untuk didukung.

ETALASE »

Asal Mula Kampung 'Seribu Nisan'
Asal Mula Kampung 'Seribu Nisan'

Ihwal Gampong Pande atau Kampung 'Seribu Nisan' bermula saat Sultan Johan Syah mendirikan Istana Kerajaan Aceh Darussalam, tepatnya di tepian Sungai Aceh atau Kuala Naga, pada 1 Ramadan 601 Hijriah atau 22 April 1205 Masehi.

OPINI »

Deny Humaedi Muhammad
Berkah Korupsi Birokrasi
Berkah Korupsi Birokrasi

Dunia publik baik di ranah entertainment  maupun parlement selalu menjadi pusat perhatian masyarakat.