news okezone.com
Okezonenews » Home » Resensi » Menyelami Psikologi Perkembangan Anak Didik

getting time ...

RESENSI

Menyelami Psikologi Perkembangan Anak Didik

Jum'at, 18 Mei 2012 08:33 wib

Judul Buku : Psikologi Perkembangan Peserta Didik
Penulis : Dra. Desmita, M.Si.
Penerbit : Remaja Rosdakarya, Bandung
Cetakan : I, 2011
Harga : Rp 56, 000/-
Tebal : 314 halaman

Memudahkan pembelajaran bagi murid adalah tugas utama guru. Untuk itu, guru tidak saja dituntut membuat suasana pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan, tetapi juga harus mampu menciptakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi psikologis masing-masing murid. Di sini, guru hendaknya benar-benar mengetahui psikologi perkembangan tiap anak didik yang menjadi subjek sekaligus objek pendidikan.

Memang pendidikan bukanlah melulu penerapan teori belajar mengajar di ruang kelas. Pendidikan merupakan ikhtiar yang kompleks guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebuah bangsa. Itu sebabnya, ketepatan memilih metode dan pendekatan merupakan satu keniscayaan dalam sukses tidaknya guru mengantarkan murid menjadi generasi yang dapat diandalkan dan dibanggakan.

Di sini seorang guru perlu menggunakan metode dan pendekatan pembelajaran yang tidak saja membuat proses pembelajaran nyaman, tapi juga memberikan ruang bagi murid untuk berkreativitas dan terlibat aktif sepanjang proses pembelajaran. Sehingga aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik murid pun dapat berkembang maksimal secara bersamaan tanpa mengalami pendistorsian salah satunya.

Kiranya itulah hajat buku Psikologi Perkembangan Peserta Didik ini diterbitkan. Penulisnya tidak hanya mampu mendeskripsikan secara lugas dan mendalam seputar karakteristik anak didik, tapi juga mampu menjelaskan secara detil pelbagai metode dan pendekatan pembelajaran yang cocok sesuai tingkat perkembangan psikologis masing-masing anak didik tersebut.

Dahulu, orang menyangka bahwa mengajar sebenarnya tidak lebih dari memindahkan isi kepala seorang guru kepada kepala seorang atau beberapa murid. Dengan begitu, terjadilah proses belajar. Namun kemudian, kajian-kajian dalam psikologi menunjukkan tidak sesederhana itu. Seorang guru tidak cukup hanya menguasai ilmu yang akan ditularkannya, melainkan juga dituntut memahami kondisi psikologis anak didik yang dihadapinya.

Dalam proses pembelajaran di kelas, guru akan berhadapan dengan peserta didik yang memiliki bio-psikososial yang beragam. Anak didik yang tumbuh dalam keluarga berkecukupan, misalnya, mempunyai karakter yang berbeda dengan anak didik yang hidup dalam keterbatasan. Begitu pula, pola mengajar murid SD tidak sama dengan cara mengajar murid SMP atau SMA.

Dengan menyelami psikologi perkembangan setiap individu anak didik, guru dapat merekonstruksi dan mengorganisasikan materi pelajaran sedemikian rupa, memilih metode yang lebih tepat, sehingga terjadi proses interaksi dari masing-masing komponen belajar-mengajar secara optimal.

Hanya, berbagai konsep dan teori belajar yang dipaparkan buku ini hendaknya tidak diserap dan digunakan begitu saja, melainkan terlebih dahulu harus dilakukan perbandingan dengan berbagai pandangan yang dikemukan para ahli ilmu jiwa perkembangan lainnya.

Bagaimanapun, informasi mengenai psikologi perkembangan anak didik, seperti yang dibahas buku ini, akan sangat berguna bagi (calon) guru dalam menentukan pola-pola pengajaran yang lebih pas sehingga menjamin kemudahan belajar bagi setiap peserta didik.

Ahmad Fatoni
Penggiat Pusat Studi Islam dan Filsafat (PSIF) UMM


(//mbs)

RESENSI »

Cara Mudah Menghafal Alquran
Cara Mudah Menghafal Alquran

Mampu menghafal Alquran termasuk salah satu anugerah luar biasa dari Allah S.W.T. Namun, untuk bisa menghafal ayat-ayat suci Tuhan ini membutuhkan perjuangan ektra konsentrasi.

SUARA KEBON SIRIH »

Okezone Gelar Try Out Online UN 2014
Okezone Gelar <i>Try Out Online</i> UN 2014

DALAM waktu dekat, siswa SMA sederajat akan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2014 pada 14 April. Ujian ini merupakan puncak kelulusan siswa di bangku sekolah.

CATATAN REDAKSI »

Jangan Giring Pilihan Politik Siswa Lewat Soal Ujian
Jangan Giring Pilihan Politik Siswa Lewat Soal Ujian

RANAH pendidikan yang seharusnya steril dari hiruk pikuk politik nyatanya masih jauh dari harapan. Acapkali momentum sakral berupa ujian nasional masih ‘dinodai’ soal-soal bernuansa kampanye.

ETALASE »

Kabut Asap Kembali Selimuti Riau, Siapa yang Salah?
Kabut Asap Kembali Selimuti Riau, Siapa yang Salah?

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan merupakan bencana paling menakutkan bagi warga Riau. Dampaknya sangat menyengsarakan warga, baik dari sisi kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan lainnya.

OPINI »

Presiden, Antara yang Dinginkan dan Dibutuhkan
Presiden, Antara yang Dinginkan dan Dibutuhkan

Meratanya perolehan suara untuk PDIP, Golkar, dan Gerindra diprediksi akan membuat koalisi makin sulit ditebak. Diprediksi akan ada tiga atau empat pasang dalam Pilpres 2014.