news okezone.com
Okezonenews » Home » Catatan Redaksi » Waspada Kekerasan yang Meningkat

getting time ...

CATATAN REDAKSI

Waspada Kekerasan yang Meningkat

Ahmad Dani - Okezone
Jum'at, 06 Juli 2012 11:34 wib

Sudah menjadi langganan ketika ada pesta demokrasi di suatu daerah maka diikuti dengan peningkatan data kekerasan atau aksi kriminalitas. Gesekan antarpendukung calon tak jarang berbuntut jatuhnya korban. Bahkan hingga meninggal dunia.

11 Juli 2012 menjadi tanggal pencoblosan dalam Pemilukada DKI 2012. Tanggal pencoblosan yang kurang dari sepekan ini juga diikuti dengan meningkatnya tensi di antara pendukung pasangan calon.

Akhir pekan lalu, seorang pendukung calon gubernur DKI Jakarta Alex Noerdin, dibacok oleh orang tak dikenal. Berlanjut, kediaman tim sukses Hidayat Nurwahid dilempar bom molotov hingga bagian belakang kendaraan milik tim sukses tersebut rusak.

Ada yang bilang hal seperti itu lumrah. Bahkan hingga jatuh korban dianggap sebagai bagian dari pesta demokrasi yang digelar lima tahunan ini. Kalau demokrasi dengan sistem yang sekarang ini harus menelan korban jiwa, rasanya perlu diperhitungkan lagi apakah memang perlu dilanjutkan? Ataukah usulan supaya pemilihan kepala daerah cukup diwakili oleh anggota dewan saja.

Kekerasan semacam itu juga bisa jadi sebagai buntut rasa frustrasi masyarakat yang sudah lama terpendam. Hukum yang sudah tidak bisa dipercaya dan aparat yang tidak konsisten bisa jadi membuat masyarakat menjalankan hukum sendiri dengan adu kuat dan otot.

Inilah mungkin yang menjadi pekerjaan rumah bagi para politikus di Tanah Air bagaimana menghadirkan demokrasi yang sejuk dan minim dari aksi kekerasan. Selain menghadirkan kesejahteraan, rasa aman dan contoh dari pemimpin untuk berperilaku tertib dan terpenting sikap legowo menerima kekalahan  juga dibutuhkan supaya rakyat mendapatkan panutan yang tidak keliru.

Bagi warga Jakarta, selamat berpesta demokrasi tanpa kekerasan.
(ahm)

RESENSI »

Kejar Mimpi, Sukses Didapat
Kejar Mimpi, Sukses Didapat

"Lentera jiwa takkan pernah redup bila kita sendiri tak menghendakinya.  Meskipun sumbunya kecil, nyalanya bisa menerangi kegelapan, menunjukkan kebahagiaan ke berbagai penjuru kalau kita mau menyalakannya.” ~Prof. Rhenald Kasali, Ph.D.

SUARA KEBON SIRIH »

Okezone Gelar Try Out Online UN 2014
Okezone Gelar <i>Try Out Online</i> UN 2014

DALAM waktu dekat, siswa SMA sederajat akan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2014 pada 14 April. Ujian ini merupakan puncak kelulusan siswa di bangku sekolah.

CATATAN REDAKSI »

Otak Atik Koalisi Menuju RI 1
Otak Atik Koalisi Menuju RI 1

HASIL Pemilihan Legislatif masih dalam penghitungan Komisi Pemilihan Umum. Jika berkaca dengan hasil penghitungan cepat atau quick count, maka PDI Perjuangan menjadi pemenang, disusul oleh Partai Golkar, dan Partai Gerindra.

ETALASE »

Kabut Asap Kembali Selimuti Riau, Siapa yang Salah?
Kabut Asap Kembali Selimuti Riau, Siapa yang Salah?

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan merupakan bencana paling menakutkan bagi warga Riau. Dampaknya sangat menyengsarakan warga, baik dari sisi kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan lainnya.

OPINI »

Ferry Ferdiansyah
Komitmen SBY Terhadap Perlindungan Anak dan Perempuan
Komitmen SBY Terhadap Perlindungan Anak dan Perempuan

Setelah sempat mengalami tarik ulur, akhirnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 7 Maret 2014 lalu, menandatangani Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2014, tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial.