news okezone.com
Okezonenews » Home » Catatan Redaksi » Waspada Kekerasan yang Meningkat

getting time ...

CATATAN REDAKSI

Waspada Kekerasan yang Meningkat

Ahmad Dani - Okezone
Jum'at, 06 Juli 2012 11:34 wib

Sudah menjadi langganan ketika ada pesta demokrasi di suatu daerah maka diikuti dengan peningkatan data kekerasan atau aksi kriminalitas. Gesekan antarpendukung calon tak jarang berbuntut jatuhnya korban. Bahkan hingga meninggal dunia.

11 Juli 2012 menjadi tanggal pencoblosan dalam Pemilukada DKI 2012. Tanggal pencoblosan yang kurang dari sepekan ini juga diikuti dengan meningkatnya tensi di antara pendukung pasangan calon.

Akhir pekan lalu, seorang pendukung calon gubernur DKI Jakarta Alex Noerdin, dibacok oleh orang tak dikenal. Berlanjut, kediaman tim sukses Hidayat Nurwahid dilempar bom molotov hingga bagian belakang kendaraan milik tim sukses tersebut rusak.

Ada yang bilang hal seperti itu lumrah. Bahkan hingga jatuh korban dianggap sebagai bagian dari pesta demokrasi yang digelar lima tahunan ini. Kalau demokrasi dengan sistem yang sekarang ini harus menelan korban jiwa, rasanya perlu diperhitungkan lagi apakah memang perlu dilanjutkan? Ataukah usulan supaya pemilihan kepala daerah cukup diwakili oleh anggota dewan saja.

Kekerasan semacam itu juga bisa jadi sebagai buntut rasa frustrasi masyarakat yang sudah lama terpendam. Hukum yang sudah tidak bisa dipercaya dan aparat yang tidak konsisten bisa jadi membuat masyarakat menjalankan hukum sendiri dengan adu kuat dan otot.

Inilah mungkin yang menjadi pekerjaan rumah bagi para politikus di Tanah Air bagaimana menghadirkan demokrasi yang sejuk dan minim dari aksi kekerasan. Selain menghadirkan kesejahteraan, rasa aman dan contoh dari pemimpin untuk berperilaku tertib dan terpenting sikap legowo menerima kekalahan  juga dibutuhkan supaya rakyat mendapatkan panutan yang tidak keliru.

Bagi warga Jakarta, selamat berpesta demokrasi tanpa kekerasan.
(ahm)

RESENSI »

Antologi Kisah Hidup Orang Sukses
Antologi Kisah Hidup Orang Sukses

Buku bersampul kuning ini kelanjutan Top Words 1. Konsep penulisan Billy Boen tidak jauh berbeda, ia sekadar menggali inspirasi dari para orang sukses. Tujuannya untuk membakar semangat kaum muda bisa berprestasi juga.

SUARA KEBON SIRIH »

Mudik, Jangan Lupa Klik www.okezone.com
Mudik, Jangan Lupa Klik www.okezone.com

Macet, jalur alternatif, posko mudik dan semua informasi mengenai mudik yang dibutuhkan akan tersaji dengan fresh dari situs berita www.okezone.com.

CATATAN REDAKSI »

Bersih-Bersih ala Kepala Daerah
Bersih-Bersih ala Kepala Daerah

Langkah sejumlah kepala daerah untuk menertibkan aparat di lingkungan kerja mereka perlu untuk didukung.

ETALASE »

Asal Mula Kampung 'Seribu Nisan'
Asal Mula Kampung 'Seribu Nisan'

Ihwal Gampong Pande atau Kampung 'Seribu Nisan' bermula saat Sultan Johan Syah mendirikan Istana Kerajaan Aceh Darussalam, tepatnya di tepian Sungai Aceh atau Kuala Naga, pada 1 Ramadan 601 Hijriah atau 22 April 1205 Masehi.

OPINI »

Deny Humaedi Muhammad
Berkah Korupsi Birokrasi
Berkah Korupsi Birokrasi

Dunia publik baik di ranah entertainment  maupun parlement selalu menjadi pusat perhatian masyarakat.