news okezone.com
Okezonenews » Home » Catatan Redaksi » Tercorengnya Bursa Efek Indonesia

getting time ...

CATATAN REDAKSI

Tercorengnya Bursa Efek Indonesia

Rani Hardjanti - Okezone
Rabu, 29 Agustus 2012 11:32 wib

INSIDEN matinya remote trading di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin 27 Agustus lalu sangat mencoreng muka perekonomian Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, lantai perdagangan efek merupakan tempat bertransaksi secara massal investor asing dan domestik.

Kondisi ini membuat Menko bidang Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Keuangan Agus Martowardojo berang. Sementara Dirut BEI Ito Warsito masih berusaha mengklarifikasi semuanya, namun dari sisi investor masih belum terima.

Bahkan, BEI akan diadukan ke Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) oleh investor. Wajar saja mereka melakukan hal tersebut. Sebab di hari mengenaskan tersebut, nilai transaksi yang tercatat hanya Rp1 triliun, dari biasanya mencapai Rp4 triliun hingga Rp5 triliun. Pada saat kejadian, investor merasa tidak ada penjelasan yang signifikan.

Namun, BEI tidak tinggal diam. BEI saat itu langsung memundurkan jam pembukaan dari pukul 09.30 JATS menjadi 10.00 JATS. Koneksi perdagangan pun dialihkan ke sistem Disaster Recovery Center (DRC). Namun sayangnya distribusi koneksi tidak semuanya berjalan lancar.

Sebenarnya, kejadian ini bukan yang pertama kali. Pada 2009 lalu, juga terjadi gangguan pada teknologi sistem informasi pada salah satu anggota bursa, PT Trimegah Securities Tbk. Akibatnya, berbuntut pada kerusakan secara menyeluruh di lantai bursa.

Sekarang yang perlu dilakukan adalah melakukan perbaikan agar jika terjadi hal serupa bisa segera diantisipasi dan tidak mengganggu perdagangan saham. Sebab, BEI merupakan wajah dari perekonomian Indonesia. Sejatinya, terhentinya perdagangan di BEI pun hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan darurat atau kejadian luar biasa. BEI juga merupakan bagian dari identitas negara, sama halnya seperti rupiah.


(rhs)

RESENSI »

Antologi Kisah Hidup Orang Sukses
Antologi Kisah Hidup Orang Sukses

Buku bersampul kuning ini kelanjutan Top Words 1. Konsep penulisan Billy Boen tidak jauh berbeda, ia sekadar menggali inspirasi dari para orang sukses. Tujuannya untuk membakar semangat kaum muda bisa berprestasi juga.

SUARA KEBON SIRIH »

Mudik, Jangan Lupa Klik www.okezone.com
Mudik, Jangan Lupa Klik www.okezone.com

Macet, jalur alternatif, posko mudik dan semua informasi mengenai mudik yang dibutuhkan akan tersaji dengan fresh dari situs berita www.okezone.com.

CATATAN REDAKSI »

Mudik Santun demi Nyawa
Mudik Santun demi Nyawa

Mudik secara santun sama artinya Anda sangat menghargai mahalnya nyawa.

ETALASE »

Asal Mula Kampung 'Seribu Nisan'
Asal Mula Kampung 'Seribu Nisan'

Ihwal Gampong Pande atau Kampung 'Seribu Nisan' bermula saat Sultan Johan Syah mendirikan Istana Kerajaan Aceh Darussalam, tepatnya di tepian Sungai Aceh atau Kuala Naga, pada 1 Ramadan 601 Hijriah atau 22 April 1205 Masehi.

OPINI »

Sulaiman
Menunggu Kenegarawanan Aktor Politik
Menunggu Kenegarawanan Aktor Politik

Patut tersenyum lega, akhirnya pemilu 9 Juli berjalan seperti didamba. Setidaknya jutaan rakyat Indonesia yang terbelah ke dalam dua kubu akibat preferensi politik masing-masing tidak terpicu pada tindakan-tindakan anarkis.