news okezone.com
Okezonenews » Home » Resensi » Tips Menulis Cerpen dengan Mudah

getting time ...

RESENSI

Tips Menulis Cerpen dengan Mudah

Senin, 15 April 2013 09:41 wib

Judul: Nulis Cerpen Yuk!
Penulis: Muhammad Diponegoro
Penerbit: NARASI
Terbit: 2011
ISBN: 978-979-168-284-8
Tebal: x+176 hlm

Menulis cerita pendek atau cerpen gampang-gambang sulit. Sebab, menulis cerita pendek membutuhkan totalitas imajinasi dan nalar kreatif. Ulasan atau bahasa cerpen tidak sama dengan karya tulis yang bersifat ilmiah. Cerpen lebih menekankan para narasi-imamajinatif. Sehingga, penulisan cerpen harus lebih hati-hati. Ibarat orang yang berpetualang, maka penulisan cerpen membutuhkan bekal sempurna agar dalam perjalanan halangan bisa dilalui dengan nyaman.

Pengalaman sementara dalam penulisan cerpen, para penulis pemula sering terhambat untuk meneruskan kisah  yang ditulis sampai selesai. Alasan klasik, mereka kehabisan kata dan ide untuk menyelesaikan karya cerpen yang ditulis. Sehingga, para penulis cerpen pemula frustasi dan enggan untuk menulis kedua kalinya.

Buku berjudul Nulis Cerpen Yuk! Karya Muhammad Diponegoro ini menjadi sangat menarik untuk dibaca para pecinta dunia sastra, khususnya cerpen. Buku ini memang bukan yang pertama yang menjelaskan bagaimana cara menulis cerpen dengan mudah, baik dan benar. Tetapi, buku ini setidaknya menambahkan koleksi literatur dalam penulisan karya fiksi berupa cerpen.

Uniknya, buku setebal 176 halaman disediakan contoh cerpen dengan penulisan yang formal (baik). Lalu, penulis mengulas tekhnik penulisan cerpen dengan merujuk kepada contoh karya yang ditampilkan. Sangat menarik namun juga ringan difahami. Pembaca yang mengkaji buku tidak usah pusing karena ulasan yang njilemet. Karena sejak awal ulasan sampai akhir ulasan, di dalam buku ini sudah dipetakan bagaimana menulis cerpen yang baik.

Di awal bab, penulis mengajak pembaca menjadi penulis cerpen handal. Dengan memberikan ulasan berupa motovasi, pengarang buku bermimpi anda yang membaca buku ini adalah calon cerpenis yang akan dibaca dunia (kesusastraan). Mimpi atau harapan ini bukan sekedar harapan. Namun juga sebagai bentuk tantangan bagi anda untuk benar-benar menjadi penulis cerpen ternama. Apakah anda siap menerima tantangan ini?

Selain ada ukasan motivasi, di bab berikutnya juga dijelaskan kiat-kiat menghadirkan ide dan penulisan alur cerpen yang baik dan benar. Mulai dari tahapan awal menentukan tema, judul, penentuan tokoh dan penokohan serta semua sisi penting dalam menulis cerita pendek. Realitas yang ada, dalam menulis cerita pendek, penentuan awal cerita dan penyelesaian cerita sangat sulit. Sehingga, membutuhkan tekhnik jitu dengan cara membuat kerangka isi yang maksimal. Bagaimana caranya?

Buku karya Muhammad Diponegoro ini tepat menjadi solusi alternatif bagi para pecinta cerpen untuk mengatasi kesulitan dalam menulis cerita pendek ini. Meski harus diakui, kemauan dan nalar kreatif penulis lebih menentukan untuk bisa menjadi penulis cerpen yang handal. Buku ini adalah hantaran awal yang bersifat teoritis. Sementara kesuksesan untuk menulis karya cerpen dengan baik harus melalui proses. Belajar, terus belajar, dan semangat belajar sampai menggapai mimpi yang diharapkan.

Menjadi cerpenis handal adalah pilihan, bukan keberuntungan. Selamat membaca buku ini dan berkarya menandingi karya para cerpenis handal di belahan dunia ini.

Peresensi: Zaitur Rahem    
Penikmat buku, tinggal di Sumenep


(//mbs)

RESENSI »

Kejar Mimpi, Sukses Didapat
Kejar Mimpi, Sukses Didapat

"Lentera jiwa takkan pernah redup bila kita sendiri tak menghendakinya.  Meskipun sumbunya kecil, nyalanya bisa menerangi kegelapan, menunjukkan kebahagiaan ke berbagai penjuru kalau kita mau menyalakannya.” ~Prof. Rhenald Kasali, Ph.D.

SUARA KEBON SIRIH »

Okezone Gelar Try Out Online UN 2014
Okezone Gelar <i>Try Out Online</i> UN 2014

DALAM waktu dekat, siswa SMA sederajat akan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2014 pada 14 April. Ujian ini merupakan puncak kelulusan siswa di bangku sekolah.

CATATAN REDAKSI »

Otak Atik Koalisi Menuju RI 1
Otak Atik Koalisi Menuju RI 1

HASIL Pemilihan Legislatif masih dalam penghitungan Komisi Pemilihan Umum. Jika berkaca dengan hasil penghitungan cepat atau quick count, maka PDI Perjuangan menjadi pemenang, disusul oleh Partai Golkar, dan Partai Gerindra.

ETALASE »

Kabut Asap Kembali Selimuti Riau, Siapa yang Salah?
Kabut Asap Kembali Selimuti Riau, Siapa yang Salah?

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan merupakan bencana paling menakutkan bagi warga Riau. Dampaknya sangat menyengsarakan warga, baik dari sisi kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan lainnya.

OPINI »

Ferry Ferdiansyah
Komitmen SBY Terhadap Perlindungan Anak dan Perempuan
Komitmen SBY Terhadap Perlindungan Anak dan Perempuan

Setelah sempat mengalami tarik ulur, akhirnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 7 Maret 2014 lalu, menandatangani Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2014, tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial.