news okezone.com
Okezonenews » Home » Resensi » Tips Menulis Cerpen dengan Mudah

getting time ...

RESENSI

Tips Menulis Cerpen dengan Mudah

Senin, 15 April 2013 09:41 wib

Judul: Nulis Cerpen Yuk!
Penulis: Muhammad Diponegoro
Penerbit: NARASI
Terbit: 2011
ISBN: 978-979-168-284-8
Tebal: x+176 hlm

Menulis cerita pendek atau cerpen gampang-gambang sulit. Sebab, menulis cerita pendek membutuhkan totalitas imajinasi dan nalar kreatif. Ulasan atau bahasa cerpen tidak sama dengan karya tulis yang bersifat ilmiah. Cerpen lebih menekankan para narasi-imamajinatif. Sehingga, penulisan cerpen harus lebih hati-hati. Ibarat orang yang berpetualang, maka penulisan cerpen membutuhkan bekal sempurna agar dalam perjalanan halangan bisa dilalui dengan nyaman.

Pengalaman sementara dalam penulisan cerpen, para penulis pemula sering terhambat untuk meneruskan kisah  yang ditulis sampai selesai. Alasan klasik, mereka kehabisan kata dan ide untuk menyelesaikan karya cerpen yang ditulis. Sehingga, para penulis cerpen pemula frustasi dan enggan untuk menulis kedua kalinya.

Buku berjudul Nulis Cerpen Yuk! Karya Muhammad Diponegoro ini menjadi sangat menarik untuk dibaca para pecinta dunia sastra, khususnya cerpen. Buku ini memang bukan yang pertama yang menjelaskan bagaimana cara menulis cerpen dengan mudah, baik dan benar. Tetapi, buku ini setidaknya menambahkan koleksi literatur dalam penulisan karya fiksi berupa cerpen.

Uniknya, buku setebal 176 halaman disediakan contoh cerpen dengan penulisan yang formal (baik). Lalu, penulis mengulas tekhnik penulisan cerpen dengan merujuk kepada contoh karya yang ditampilkan. Sangat menarik namun juga ringan difahami. Pembaca yang mengkaji buku tidak usah pusing karena ulasan yang njilemet. Karena sejak awal ulasan sampai akhir ulasan, di dalam buku ini sudah dipetakan bagaimana menulis cerpen yang baik.

Di awal bab, penulis mengajak pembaca menjadi penulis cerpen handal. Dengan memberikan ulasan berupa motovasi, pengarang buku bermimpi anda yang membaca buku ini adalah calon cerpenis yang akan dibaca dunia (kesusastraan). Mimpi atau harapan ini bukan sekedar harapan. Namun juga sebagai bentuk tantangan bagi anda untuk benar-benar menjadi penulis cerpen ternama. Apakah anda siap menerima tantangan ini?

Selain ada ukasan motivasi, di bab berikutnya juga dijelaskan kiat-kiat menghadirkan ide dan penulisan alur cerpen yang baik dan benar. Mulai dari tahapan awal menentukan tema, judul, penentuan tokoh dan penokohan serta semua sisi penting dalam menulis cerita pendek. Realitas yang ada, dalam menulis cerita pendek, penentuan awal cerita dan penyelesaian cerita sangat sulit. Sehingga, membutuhkan tekhnik jitu dengan cara membuat kerangka isi yang maksimal. Bagaimana caranya?

Buku karya Muhammad Diponegoro ini tepat menjadi solusi alternatif bagi para pecinta cerpen untuk mengatasi kesulitan dalam menulis cerita pendek ini. Meski harus diakui, kemauan dan nalar kreatif penulis lebih menentukan untuk bisa menjadi penulis cerpen yang handal. Buku ini adalah hantaran awal yang bersifat teoritis. Sementara kesuksesan untuk menulis karya cerpen dengan baik harus melalui proses. Belajar, terus belajar, dan semangat belajar sampai menggapai mimpi yang diharapkan.

Menjadi cerpenis handal adalah pilihan, bukan keberuntungan. Selamat membaca buku ini dan berkarya menandingi karya para cerpenis handal di belahan dunia ini.

Peresensi: Zaitur Rahem    
Penikmat buku, tinggal di Sumenep


(//mbs)

RESENSI »

Ingin Sarjana Sebelum Buta
Ingin Sarjana Sebelum Buta

Dokter memvonis tiga bulan lagi sepasang mata mahasiswi itu akan buta total. Sekarang, satu matanya memang sudah tidak bisa digunakan untuk melihat.

SUARA KEBON SIRIH »

Chief Content News Baru di Okezone.com
Chief Content News Baru di Okezone.com

PORTAL berita nasional, Okezone.com, memiliki Chief Content News (Pemimpin Redaksi News) baru, yakni Syukri Rahmatullah.

CATATAN REDAKSI »

Pemimpin Cengeng di Negeri "Surga" BBM
Pemimpin Cengeng di Negeri

DALAM dua pekan terakhir bangsa Indonesia dihadapkan dengan pembatasan kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

ETALASE »

Derita Balita Pengungsi Korban Tsunami Mentawai
Derita Balita Pengungsi Korban Tsunami Mentawai

Gizi buruk dialami sejumlah anak dari pengungsi korban tsunami Mentawai. Minimnya asupan makanan bergizi serta lingkungan yang kotor turut berkontribusi membuat anak-anak tumbuh secara tidak normal.

OPINI »

Ayipudin
Merajut Kembali Kemerdekaan Kita
Merajut Kembali Kemerdekaan Kita

Hari kemerdekaan ibarat lahirnya sang fajar ketika awan gelap membungkus negeri ini dengan pesimisme.