news okezone.com
Okezonenews » Home » Catatan Redaksi » BBM Jadi Naik atau Tidak?

getting time ...

CATATAN REDAKSI

BBM Jadi Naik atau Tidak?

Rani Hardjanti - Okezone
Jum'at, 14 Juni 2013 11:52 wib

ACAP kali pemerintah berbicara soal harga bahan bakar minyak (BBM). Namun, hingga kini belum ada langkah konkret.
 
Kondisi itu membuat ketidakpastian iklim ekonomi di Tanah Air. Dampaknya, aksi spekulasi di pasar primer maupun sekunder merajalela.
 
Jika ditilik, ribut-ribut soal kenaikan harga BBM sudah berlangsung sejak 2008. Saat itu harga minyak mentah dunia memang bergerak liar, bersamaan dengan krisis ekonomi di Amerika. Walhasil, ekonomi dunia pun berkontraksi.
 
Namun sejak lima tahun silam hingga saat ini, belum ada sikap lanjutan terkait harga minyak mentah yang kian menggila demi menyelamatkan anggaran belanja. Kebijakan konservatif dengan memberikan subsidi BBM pun mulai mengkhawatirkan. Sebab, membuat APBN menjadi gembos.
 
Kini wacana kenaikan harga BBM kembali santer. Namun, lagi-lagi pemerintah belum mau mengambil sikap. Imbasnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan rupiah langsung tumbang.
 
Namun, dua hari ini ada dua sinyal yang kuat bahwa kebijakan BBM akan dicetuskan. Sinyal yang paling kuat diutarakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara Rabu 12 Juni lalu. Dia menyebut, akan menaikkan harga BBM bersubsidi dari Rp4.500 menjadi Rp6.500 per liter dari satu hingga dua hari mendatang.
 
Sinyal selanjutnya adalah hasil keputusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) yang menaikkan BI Rate menjadi enam persen setelah 16 bulan tak berkutik di level 5,75 persen. Secara teoritis, naiknya BI Rate ini bisa meredam tingginya inflasi sebagai imbas dari naiknya harga BBM.
 
Kemudian, rapat kerja antara Badan Anggaran (Banggar) DPR dan pemerintah di DPR Kamis 13 Juni kemarin menyepakati Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebagai kompensasi kenaikan harga BBM diberikan selama empat bulan. Hal ini lebih singkat dibandingkan permintaan pemerintah selama lima bulan.
 
Kini sikap pemerintah mulai terlihat. Sikap yang dimaksud bukanlah menaikkan harga BBM, namun jaring pengaman yang memang harus diterapkan demi menyelamatkan rakyat agar tidak jatuh ke dalam garis kemiskinan.
 
Pembiaran yang terlalu lama ini justru membuat beban semakin berat. Sebab pembiaran soal BBM yang terjadi lebih kental karena nuansa politis ketimbang solusi penyelamatan dari efek kenaikan harga BBM.
 

(rhs)

RESENSI »

Antologi Kisah Hidup Orang Sukses
Antologi Kisah Hidup Orang Sukses

Buku bersampul kuning ini kelanjutan Top Words 1. Konsep penulisan Billy Boen tidak jauh berbeda, ia sekadar menggali inspirasi dari para orang sukses. Tujuannya untuk membakar semangat kaum muda bisa berprestasi juga.

SUARA KEBON SIRIH »

Mudik, Jangan Lupa Klik www.okezone.com
Mudik, Jangan Lupa Klik www.okezone.com

Macet, jalur alternatif, posko mudik dan semua informasi mengenai mudik yang dibutuhkan akan tersaji dengan fresh dari situs berita www.okezone.com.

CATATAN REDAKSI »

Mudik Santun demi Nyawa
Mudik Santun demi Nyawa

Mudik secara santun sama artinya Anda sangat menghargai mahalnya nyawa.

ETALASE »

Asal Mula Kampung 'Seribu Nisan'
Asal Mula Kampung 'Seribu Nisan'

Ihwal Gampong Pande atau Kampung 'Seribu Nisan' bermula saat Sultan Johan Syah mendirikan Istana Kerajaan Aceh Darussalam, tepatnya di tepian Sungai Aceh atau Kuala Naga, pada 1 Ramadan 601 Hijriah atau 22 April 1205 Masehi.

OPINI »

Deny Humaedi Muhammad
Berkah Korupsi Birokrasi
Berkah Korupsi Birokrasi

Dunia publik baik di ranah entertainment  maupun parlement selalu menjadi pusat perhatian masyarakat.