news okezone.com
Okezonenews » Home » Catatan Redaksi » BBM Jadi Naik atau Tidak?

getting time ...

CATATAN REDAKSI

BBM Jadi Naik atau Tidak?

Rani Hardjanti - Okezone
Jum'at, 14 Juni 2013 11:52 wib

ACAP kali pemerintah berbicara soal harga bahan bakar minyak (BBM). Namun, hingga kini belum ada langkah konkret.
 
Kondisi itu membuat ketidakpastian iklim ekonomi di Tanah Air. Dampaknya, aksi spekulasi di pasar primer maupun sekunder merajalela.
 
Jika ditilik, ribut-ribut soal kenaikan harga BBM sudah berlangsung sejak 2008. Saat itu harga minyak mentah dunia memang bergerak liar, bersamaan dengan krisis ekonomi di Amerika. Walhasil, ekonomi dunia pun berkontraksi.
 
Namun sejak lima tahun silam hingga saat ini, belum ada sikap lanjutan terkait harga minyak mentah yang kian menggila demi menyelamatkan anggaran belanja. Kebijakan konservatif dengan memberikan subsidi BBM pun mulai mengkhawatirkan. Sebab, membuat APBN menjadi gembos.
 
Kini wacana kenaikan harga BBM kembali santer. Namun, lagi-lagi pemerintah belum mau mengambil sikap. Imbasnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan rupiah langsung tumbang.
 
Namun, dua hari ini ada dua sinyal yang kuat bahwa kebijakan BBM akan dicetuskan. Sinyal yang paling kuat diutarakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara Rabu 12 Juni lalu. Dia menyebut, akan menaikkan harga BBM bersubsidi dari Rp4.500 menjadi Rp6.500 per liter dari satu hingga dua hari mendatang.
 
Sinyal selanjutnya adalah hasil keputusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) yang menaikkan BI Rate menjadi enam persen setelah 16 bulan tak berkutik di level 5,75 persen. Secara teoritis, naiknya BI Rate ini bisa meredam tingginya inflasi sebagai imbas dari naiknya harga BBM.
 
Kemudian, rapat kerja antara Badan Anggaran (Banggar) DPR dan pemerintah di DPR Kamis 13 Juni kemarin menyepakati Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebagai kompensasi kenaikan harga BBM diberikan selama empat bulan. Hal ini lebih singkat dibandingkan permintaan pemerintah selama lima bulan.
 
Kini sikap pemerintah mulai terlihat. Sikap yang dimaksud bukanlah menaikkan harga BBM, namun jaring pengaman yang memang harus diterapkan demi menyelamatkan rakyat agar tidak jatuh ke dalam garis kemiskinan.
 
Pembiaran yang terlalu lama ini justru membuat beban semakin berat. Sebab pembiaran soal BBM yang terjadi lebih kental karena nuansa politis ketimbang solusi penyelamatan dari efek kenaikan harga BBM.
 

(rhs)

RESENSI »

Ingin Sarjana Sebelum Buta
Ingin Sarjana Sebelum Buta

Dokter memvonis tiga bulan lagi sepasang mata mahasiswi itu akan buta total. Sekarang, satu matanya memang sudah tidak bisa digunakan untuk melihat.

SUARA KEBON SIRIH »

Chief Content News Baru di Okezone.com
Chief Content News Baru di Okezone.com

PORTAL berita nasional, Okezone.com, memiliki Chief Content News (Pemimpin Redaksi News) baru, yakni Syukri Rahmatullah.

CATATAN REDAKSI »

Pemimpin Cengeng di Negeri "Surga" BBM
Pemimpin Cengeng di Negeri

DALAM dua pekan terakhir bangsa Indonesia dihadapkan dengan pembatasan kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

ETALASE »

Derita Balita Pengungsi Korban Tsunami Mentawai
Derita Balita Pengungsi Korban Tsunami Mentawai

Gizi buruk dialami sejumlah anak dari pengungsi korban tsunami Mentawai. Minimnya asupan makanan bergizi serta lingkungan yang kotor turut berkontribusi membuat anak-anak tumbuh secara tidak normal.

OPINI »

Ayipudin
Merajut Kembali Kemerdekaan Kita
Merajut Kembali Kemerdekaan Kita

Hari kemerdekaan ibarat lahirnya sang fajar ketika awan gelap membungkus negeri ini dengan pesimisme.