news okezone.com
Okezonenews » Home » Catatan Redaksi » Memilih Kapolri Baru

getting time ...

CATATAN REDAKSI

Memilih Kapolri Baru

Ahmad Dani - Okezone
Kamis, 17 Oktober 2013 11:20 wib
Komjen Pol Sutarman
Komjen Pol Sutarman

Rencananya siang ini Komjen Polisi Sutarman akan menjalani proses fit and proper test di Komisi III DPR sebelum menduduki jabatan sebagai kapolri yang baru. Diharapkan, DPR dalam hal ini Komisi III diharapkanbisa menjamin bahwa Sutarman adalah pilihan tepat bagi kepolisian.

Tahapan awal tentang pengecekan harta kekayaan memang Sutarman boleh dibilang bebas dari rekening mencurigakan versi PPATK. Demikian pula halnya dalam kekayaan pribadi seperti rumah dan kebutuhan papan lainnya. Jenderal bintang tiga ini boleh dibilang lolos. Namun, yang patut didalami dalam proses fit and proper test di DPR adalah prihal komitmen Sutarman untuk melakukan perbaikan di tubuh kepolisian.

Hal tersebut lantaran 14 tahun reformasi Polri, sikap, prilaku, dan kinerja kepolisian masih saja dikeluhkan publik. Menurut Ketua IPW Neta S Pane, Komisi III DPR harus bisa memilih calon Kapolri secara cermat. Secara normatif, lanjut Neta, fraksi-fraksi bisa menolak bila dalam fit and proper test di Komisi III, tidak mendapat jawaban memuaskan dari Sutarman.

Apalagi disayangkan Presiden SBY juga hanya memberikan satu calon dalam pemilihan Kapolri yang baru. Padahal banyak jenderal-jenderal yang sebenarnya bisa dijadikan alternatif dalam pemilihan Kapolri.

Jika kalangan DPR masih komit dengan semangat reformasi dan memang benar-benar ingin memperbaiki Polri, seharusnya Komisi III tak perlu ragu mengembalikan Sutarman ke Presiden SBY jika memang tak memenuhi harapan reformasi Kepolisian.

Semoga apa yang dihasilkan dari Komisi III DPR bisa memenuhi harapan masyarakat untuk mendapatkan pimpinan polisi yang bersih, transparan dan sedikit memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap polisi yang kian memudar.
(ahm)

RESENSI »

Kejar Mimpi, Sukses Didapat
Kejar Mimpi, Sukses Didapat

"Lentera jiwa takkan pernah redup bila kita sendiri tak menghendakinya.  Meskipun sumbunya kecil, nyalanya bisa menerangi kegelapan, menunjukkan kebahagiaan ke berbagai penjuru kalau kita mau menyalakannya.” ~Prof. Rhenald Kasali, Ph.D.

SUARA KEBON SIRIH »

Okezone Gelar Try Out Online UN 2014
Okezone Gelar <i>Try Out Online</i> UN 2014

DALAM waktu dekat, siswa SMA sederajat akan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2014 pada 14 April. Ujian ini merupakan puncak kelulusan siswa di bangku sekolah.

CATATAN REDAKSI »

Otak Atik Koalisi Menuju RI 1
Otak Atik Koalisi Menuju RI 1

HASIL Pemilihan Legislatif masih dalam penghitungan Komisi Pemilihan Umum. Jika berkaca dengan hasil penghitungan cepat atau quick count, maka PDI Perjuangan menjadi pemenang, disusul oleh Partai Golkar, dan Partai Gerindra.

ETALASE »

Kabut Asap Kembali Selimuti Riau, Siapa yang Salah?
Kabut Asap Kembali Selimuti Riau, Siapa yang Salah?

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan merupakan bencana paling menakutkan bagi warga Riau. Dampaknya sangat menyengsarakan warga, baik dari sisi kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan lainnya.

OPINI »

Menunggu Hasil KPU
Menunggu Hasil KPU

Dengan usainya perhelatan Pemilu Legislatif pada 9 April 2014, maka isu politik yang lebih menegangkan adalah Pilpres pada 9 Juli 2014.