news okezone.com
Okezonenews » Home » Catatan Redaksi » Memilih Kapolri Baru

getting time ...

CATATAN REDAKSI

Memilih Kapolri Baru

Ahmad Dani - Okezone
Kamis, 17 Oktober 2013 11:20 wib
Komjen Pol Sutarman
Komjen Pol Sutarman

Rencananya siang ini Komjen Polisi Sutarman akan menjalani proses fit and proper test di Komisi III DPR sebelum menduduki jabatan sebagai kapolri yang baru. Diharapkan, DPR dalam hal ini Komisi III diharapkanbisa menjamin bahwa Sutarman adalah pilihan tepat bagi kepolisian.

Tahapan awal tentang pengecekan harta kekayaan memang Sutarman boleh dibilang bebas dari rekening mencurigakan versi PPATK. Demikian pula halnya dalam kekayaan pribadi seperti rumah dan kebutuhan papan lainnya. Jenderal bintang tiga ini boleh dibilang lolos. Namun, yang patut didalami dalam proses fit and proper test di DPR adalah prihal komitmen Sutarman untuk melakukan perbaikan di tubuh kepolisian.

Hal tersebut lantaran 14 tahun reformasi Polri, sikap, prilaku, dan kinerja kepolisian masih saja dikeluhkan publik. Menurut Ketua IPW Neta S Pane, Komisi III DPR harus bisa memilih calon Kapolri secara cermat. Secara normatif, lanjut Neta, fraksi-fraksi bisa menolak bila dalam fit and proper test di Komisi III, tidak mendapat jawaban memuaskan dari Sutarman.

Apalagi disayangkan Presiden SBY juga hanya memberikan satu calon dalam pemilihan Kapolri yang baru. Padahal banyak jenderal-jenderal yang sebenarnya bisa dijadikan alternatif dalam pemilihan Kapolri.

Jika kalangan DPR masih komit dengan semangat reformasi dan memang benar-benar ingin memperbaiki Polri, seharusnya Komisi III tak perlu ragu mengembalikan Sutarman ke Presiden SBY jika memang tak memenuhi harapan reformasi Kepolisian.

Semoga apa yang dihasilkan dari Komisi III DPR bisa memenuhi harapan masyarakat untuk mendapatkan pimpinan polisi yang bersih, transparan dan sedikit memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap polisi yang kian memudar.
(ahm)

RESENSI »

Antologi Kisah Hidup Orang Sukses
Antologi Kisah Hidup Orang Sukses

Buku bersampul kuning ini kelanjutan Top Words 1. Konsep penulisan Billy Boen tidak jauh berbeda, ia sekadar menggali inspirasi dari para orang sukses. Tujuannya untuk membakar semangat kaum muda bisa berprestasi juga.

SUARA KEBON SIRIH »

Mudik, Jangan Lupa Klik www.okezone.com
Mudik, Jangan Lupa Klik www.okezone.com

Macet, jalur alternatif, posko mudik dan semua informasi mengenai mudik yang dibutuhkan akan tersaji dengan fresh dari situs berita www.okezone.com.

CATATAN REDAKSI »

Bersih-Bersih ala Kepala Daerah
Bersih-Bersih ala Kepala Daerah

Langkah sejumlah kepala daerah untuk menertibkan aparat di lingkungan kerja mereka perlu untuk didukung.

ETALASE »

Asal Mula Kampung 'Seribu Nisan'
Asal Mula Kampung 'Seribu Nisan'

Ihwal Gampong Pande atau Kampung 'Seribu Nisan' bermula saat Sultan Johan Syah mendirikan Istana Kerajaan Aceh Darussalam, tepatnya di tepian Sungai Aceh atau Kuala Naga, pada 1 Ramadan 601 Hijriah atau 22 April 1205 Masehi.

OPINI »

Deny Humaedi Muhammad
Berkah Korupsi Birokrasi
Berkah Korupsi Birokrasi

Dunia publik baik di ranah entertainment  maupun parlement selalu menjadi pusat perhatian masyarakat.