news okezone.com
Okezonenews » Home » Catatan Redaksi » Memilih Kapolri Baru

getting time ...

CATATAN REDAKSI

Memilih Kapolri Baru

Ahmad Dani - Okezone
Kamis, 17 Oktober 2013 11:20 wib
Komjen Pol Sutarman
Komjen Pol Sutarman

Rencananya siang ini Komjen Polisi Sutarman akan menjalani proses fit and proper test di Komisi III DPR sebelum menduduki jabatan sebagai kapolri yang baru. Diharapkan, DPR dalam hal ini Komisi III diharapkanbisa menjamin bahwa Sutarman adalah pilihan tepat bagi kepolisian.

Tahapan awal tentang pengecekan harta kekayaan memang Sutarman boleh dibilang bebas dari rekening mencurigakan versi PPATK. Demikian pula halnya dalam kekayaan pribadi seperti rumah dan kebutuhan papan lainnya. Jenderal bintang tiga ini boleh dibilang lolos. Namun, yang patut didalami dalam proses fit and proper test di DPR adalah prihal komitmen Sutarman untuk melakukan perbaikan di tubuh kepolisian.

Hal tersebut lantaran 14 tahun reformasi Polri, sikap, prilaku, dan kinerja kepolisian masih saja dikeluhkan publik. Menurut Ketua IPW Neta S Pane, Komisi III DPR harus bisa memilih calon Kapolri secara cermat. Secara normatif, lanjut Neta, fraksi-fraksi bisa menolak bila dalam fit and proper test di Komisi III, tidak mendapat jawaban memuaskan dari Sutarman.

Apalagi disayangkan Presiden SBY juga hanya memberikan satu calon dalam pemilihan Kapolri yang baru. Padahal banyak jenderal-jenderal yang sebenarnya bisa dijadikan alternatif dalam pemilihan Kapolri.

Jika kalangan DPR masih komit dengan semangat reformasi dan memang benar-benar ingin memperbaiki Polri, seharusnya Komisi III tak perlu ragu mengembalikan Sutarman ke Presiden SBY jika memang tak memenuhi harapan reformasi Kepolisian.

Semoga apa yang dihasilkan dari Komisi III DPR bisa memenuhi harapan masyarakat untuk mendapatkan pimpinan polisi yang bersih, transparan dan sedikit memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap polisi yang kian memudar.
(ahm)

RESENSI »

Pengorbanan yang Menimbulkan Kesadaran
Pengorbanan yang Menimbulkan Kesadaran

SMA Eleazar dan Juventina adalah sekolah SMA yang bersaing dalam segi prestasi, juga terkenal akan tawurannya.

SUARA KEBON SIRIH »

Chief Content News Baru di Okezone.com
Chief Content News Baru di Okezone.com

PORTAL berita nasional, Okezone.com, memiliki Chief Content News (Pemimpin Redaksi News) baru, yakni Syukri Rahmatullah.

CATATAN REDAKSI »

Sejarah Tidak Berulang
Sejarah Tidak Berulang

Sejarah berulang menurut peribahasa Prancis. Bisa saja tidak terulang, tapi terbalik. Peribahasa itu boleh jadi keliru. Tapi itu kalau kita mau menyalahkannya.

ETALASE »

Yadnya Kasada di Mata Wong Tengger
Yadnya Kasada di Mata <i>Wong</i> Tengger

Rela bolos sekolah serta rela menunda atau meninggalkan pekerjaan demi melarung sesaji ke kawah Gunung Bromo. Lantas, apa itu Yadnya Kasada di mata orang Tengger?

OPINI »

Ardi Winangun
Pentingnya Power Sharing
Pentingnya Power Sharing

Pemenang Pemilu Presiden, Jokowi, sudah ancang-ancang membentuk susunan para pembantunya, menteri.